• Description slide 2

  • Description slide 3

  • Description slide 4

  • Description slide 5

Layanan

Perpustakaan SKK Migas menyediakan layanan untuk pengguna secara langsung maupun tidak langsung. >

Reader of the Month

Setiap bulannya, anggota perpustakaan yang rajin mengunjungi perpustakaan dan meminjam koleksi perpustakaan, akan mendapatkan reward. >

Next Event

Acara yang akan diadakan perpustakaan SKK Migas selanjutnya adalah Bedah Buku Understand-Inc People >

Copyright 2018 - Perpustakaan SKK Migas
Selamat Datang di Perpustakaan SKK Migas

BEDAH BUKU “MAKE IT HAPPEN! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi”

Sebagai kegiatan rutin yang diadakan, Perpustakaan SKK Migas kembali menyelenggarakan Bedah Buku dengan mengambil tema pengelolaan keuangan. Perpustakaan SKK Migas mengundang Ibu Prita Hapsah Ghozie selaku pakar keuangan yang telah menghasilkan 3 buku dan salah satunya ialah dengan judul “Make it Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi”. Peserta yang hadir diajak untuk berinteraksi secara aktif melalui sesi tanya jawab, pemutaran video, games, serta penjabaran studi kasus sehingga peserta Bedah Buku mendapat ilmu yang ingin disampaikan melalui buku “Make it Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi” secara maksimal.

 

                Buku “Make it Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi” menjabarkan langkah untuk memiliki pengelolaan keuangan yang sehat dan terenjana melalui penyusunan rencana keuangan dan memperkenalkan berbagai produk keuangan. Dijabarkan pula perbedaan akan simpanan, tabungan, dan investasi agar rencana keuangan yang telah disusun sebelumnya dapat terwujud dan diharapkan untuk memiliki 3 rekening berbeda untuk kebutuhan tersebut. Rekening simpanan dibutuhkan untuk transaksi keluar masuknya uang untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, rekening tabungan dibutuhkan untuk menyimpan uang yang tidak untuk dilakukan transaksi, dan rekening investasi dibutuhkan untuk menyimpan uang yang telah disisihkan untuk keperluan investasi.

                Pada dasaranya terdapat 5 prinsip pengelolaan keuangan yang sehat ialah melalui konsep ZAPFIN sebagai berikut :

1. Z akat

2. A ssurance

3. P resent Consumption

4. F uture Spending

5. IN vestment

Pengeluaran tersebut diambil dari gaji bulanan yang kita dapat tidak mencakup THR/Bonus dengan presentase Zakat (5%), Assurance (10%), Present Consumption (30%), Future Spending (30%), dan Investment (10%).

 

Bedah Buku “Make it Happen! Buku Pintar Rencana Keuangan untuk Wujudkan Mimpi” ini diharapkan dapat memberikan ilmu dalam hal pengelolaan keuangan yang sehat dan dijadikan pembelajaran serta panduan bagi Pekerja di lingkungan SKK Migas yang telah hadir didalamnya untuk dapat mewujudkan mimpi yang telah direncanakan sebelumnya.

Search