Layanan

Perpustakaan SKK Migas menyediakan layanan untuk pengguna secara langsung maupun tidak langsung. >

Reader of the Month

Setiap bulannya, anggota perpustakaan yang rajin mengunjungi perpustakaan dan meminjam koleksi perpustakaan, akan mendapatkan reward. >

Next Event

Acara yang akan diadakan perpustakaan SKK Migas selanjutnya adalah Bedah Buku Understand-Inc People >

Copyright 2018 - Perpustakaan SKK Migas
Selamat Datang di Perpustakaan SKK Migas

BOOK OVERVIEW “CRUCIAL CONVERSATIONS”

Perpustakaan SKK Migas kembali menyelenggarakan book overview ke 4 pada rangkaian tahun 2017. Acara ini kembali dibawakan oleh Ibu Firda Agustina sebagai fasilitator dari Dunamis Publishing. Review buku kali ini dikhususkan kepada Manajer Senior/Manajer setingkat SKK Migas. Peserta yang hadir diajak untuk berinteraksi secara aktif melalui sesi tanya jawab, pemutaran video, serta penjabaran studi kasus sehingga peserta Book Overview mendapat makna yang ingin disampaikan dalam buku “Crucial Conversations” secara maksimal.

    

Buku Crucial Conversations menjabarkan langkah untuk memberanikan diri ketika ingin membicarakan sesuatu yang krusial. Bentuk komunikasi yang krusial itu disendiri dijabarkan sebagai sesuatu percakapan yang melibatkan emosi yang kuat, terdapat pendapat yang berseberangan, dan memiliki risiko yang tinggi.

Dalam setiap organisasi tidak dipungkiri memiliki pendapat yang berseberangan antar individu yang melibatkan emosi dan resiko yang tinggi, sehingga buku “Crucial Conversations” dapat membantu karyawan baik atasan maupun bawahan antar sesama karyawan untuk memiliki komunikasi yang baik. Dalam buku ini dikatakan bahwa sikap yang biasanya dilakukan jika menghadapi percakapan yang krusial ialah walk out atau meninggalkan lawan bicara tanpa ada rasa ingin bertemu kembali dan memberikan persetujuan dengan niat pembicaraan yang dipendam dalam hati. Hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya bagi kelangsungan organisasi, yang diungkapkan dalam buku ini dengan istilah silence fails, silence kills, dan silence danger. Buku ”Crucial Conversations” memberikan cara mengasah pribadi untuk dapat memulai ketika membicarakan hal yang krusial, yaitu dengan mempersiapkan mental diri sendiri dan melakukan 5 cara yang dikenal dengan istilah STATE. STATE mengacu pada isi pesan yang ingin disampaikan seperti Sampaikan fakta yang dimiliki, Tuturkan cerita Anda, Ajukan pertanyaan terkait orang lain, dan bagaimana cara menyampaikannya seperti Tentatif saat berbicara, serta Evaluasi pernyataan Anda.

 

 

Buku ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam mengambil tindakan saat menghadapi percakapan yang krusial di lingkungan para pekerja SKK Migas, lingkungan keluarga, dan di lingkungan masyarakat oleh para pekerja SKK Migas yang telah hadir dalam Book Overview “Crucial Conversations”.

Search